Tuesday 24 February 2015

M&M Gravity Cake

Assalamualaikum...

Haiiiii... hari ini saya membuat cake yang super lucu bareng kiddos. Berawal dari display picture salah satu teman di bbm saya jd penasaran pengen bikin gravity cake ini (Mak Jezzi dirimu sukses mempengaruhiku, suwun yo mak sharingnya #peluk). Base cakenya saya pakai vanila sponge cake resep keluarga tentunya hehehe (thank u rifa chan :P). Untuk choco ganachenya saya pake resepnya Rina Rinso

First trial M&M gravity cake

Bahan vanila sponge cake
105 gr tepung terigu protein sedang
10 gr susu bubuk
10 gr tepung maizena
125 gr gula pasir
5 butir telur
1 sdt emulsifier
Vanila bubuk secukupnya (saya pake L'arome vanila susu)
125 gr mentega di cairkan

Cara membuatnya
Campur tepung terigu, susu, maizena, telur, gula, vanila bubuk dan emulsifier, mikser dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak. Turunkan kecepatan ke yang paling rendah tuangkan mentega cair secara perlahan sambil dimikser ( jgn overmix ya, cukup sampai tercampur rata). Tuang kedalam loyang yg sudah diolesi mentega dan terigu ( saya pakai loyang diameter 22 cm, jadi 2 loyang karena saya ingin menyusun 2 cake). Panggang dalam oven 180 derajat celcius, selama kurleb 30 menit atau sampai cake matang. Dinginkan

Bahan Choco ganache
(Sumber : Rinarinso)
100 gr whipcream bubuk
200 gr susu uht plain
300 gr DCC (Dark Cooking Chocolate) lelehkan dengan cara ditim

Cara membuat
Campur susu uht dan whipcream bubuk aduk sampai tercampur rata, masak dalam api kecil sampai pinggir panci muncul gelembung kecil, lalu tuang DCC aduk sampai tercampur rata, dinginkan. Mikser dengan kecepatan sedang sampai lembut. Sisihkan.

Bahan pelengkap
20 buah kitkat
4 bungkus M&M
Sedotan untuk menopang bungkus

Penyelesaian

Olesi bagian tengah cake dengan choco ganache, lalu susun. Olesi bagian atas dan samping dengan choco ganache kemudian rapikan, susun kitkat disamping cake. Susun M&M  dibagian atas.  Untuk step by stepnya bisa dilihat di video berikut :


Kiddoss senang dan heboh banget liat emaknya sibuk bikin cake, mereka ikutan menyusun kit kat disamping cake.

Serius nyusun kitkat hihi

Baiklah, sampai disini dulu yaa semoga bermanfaat.






No comments:

Post a Comment