Saturday 25 April 2015

Braided Choco Star Bread

Assalamu'alaikum..

Halooo akhirnya bs update lagi, hihi edisi sedang dilanda penyakit malas nulis. Sebenarnya sdh lama saya ingin posting roti ini, pas kebetulan malam ini kiddos request. Dan seperti biasa, kalo requestnya malam2 dijamin ketika matang mereka udah pada tepar semua hehe, kalo begitu dimakan besok aja buat sarapan. Baiklah saya share resepnya yaa...

Braided Choco Star Bread
Bahan

500 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr gula pasir
2 sdm ragi instan
250 ml air
2 kuning telur
100 gr mentega (saya pake 50 gr blueband + 50 gr hollman butter)
Selai coklat untuk isian
Susu cair untuk olesan

Cara membuat

Campur air, gula, kuning telur, ragi dan mentega, aduk hingga gula larut kemudian masukkan tepung secara bertahap sambil diuleni hingga kalis.

1 resep bisa jd 2 roti lo, roti pertama diacak2 sama Ryu, dan hasilnya amburadul tp ya ludes juga hahaha. Agar lebih jelas step by stepnya yuk kita lihat video berikut


Kalo denger musiknya jd ingat TWD season 5 ya? Bener ga sih? Haha oot deh..

Kiddos favo

Roti ini adalah roti favorit kiddos lo, dijamin bakal berebut deh mereka.

Add caption

Dan foto diatas adalah roti yang saya buat malam ini dengan selai coklat yang tinggal sedikit, jd tiap lapis coklatnya ga penuh hahaha. Knapa kok lebih ginuk ya? Ini karena roti di foto pertama tidak melalui proses proofing setelah dibentuk, alias langsung dioven. Sedangkan yang barusan saya bikin ini melalui proses proofing setelah dibentuk, jdnya ginuk2 deh hihi. Baiklah sampai disini dulu yaa semoga bermanfaat!!!



Monday 13 April 2015

Soes Maker

Assalamu'alaikum..

Haloo .. kemarin saya membuat kue yang menjadi favorit saya sejak kecil, yaitu soes maker. Tetapi soesmaker yang saya buat ini memakai daging ayam, biasanya kalo di kota tempat saya tinggal yaitu situbondo ^_^ memakai isian daging sapi dan wortel. Alhamdulillah kiddos suka banget looo dan saya bagikan juga ke tetangga, agak heran juga awalnya kok mirip cupcake tp pake hiasan cabe n seledri diatasnya hihihi. Ternyata di Kota Bangun tidak ada soesmaker. Hmm ... bisa ni dijual hahaha (dasar pikirannya jualan mulu!!). Baiklah yuk kita membuat sendiri dirumah.

Soes maker ala fie

Saya memakai resep vanila spongcake tp ga pake vanila dan saya kurangi gula pasirnya.

Bahan isian

3 buah wortel ukuran besar potong dadu kecil
100 gr dada ayam cincang halus
1 siung bwang putih
Merica bubuk
2 batang seledri
Gula dan garam secukupnya
Air secukupnya
Tepung terigu 2 sdm 
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat

Haluskan bawang putih lalu tumis bersama daun pre hingg wangi, masukkan ayam cincang aduk rata sampai ayam berubah warna, masukkan wortel beri air sekucupnya, biarkan mendidih dan wortel menjadi empuk, tambahkan merica, gula dan garam, lalu terakhir tepung terigu aduk rata sampai air meresap.

Bahan cake

80 gr tepung terigu
10 gr tepung maizena
10 gr susu bubuk
5 butir telur
70 gr gula pasir
1 sdt emulsifier (boleh sp, tbm, ovalet dll)
100 gr mentega dicairkan
Seledri cincang

Cara membuat

Campur tepung terigu, maizena dan susu bubuk, sisihkan. Mikser dengan kecepatan tinggi telur, gula dan emulsifier hingga mengembang kental dan berjejak, masukkan tepung terigu secara bertahap (masih dgn kecepatan tinggi) sampai tepung habis dan tercampur rata. Turunkan kecepatan ke yang paling rendah, masukkan mentega cair mikser sampe rata. Terakhir masukkan seledri cincang

Penyelesaian

Siapkan papercup, tuang adonan sedikit lalu beri isian dan beri lagi adonan. Begitu seterusnya sampai adonan habis. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan kurleb 30 menit atau sampe matang.

Ymmy yum yum
Selamat mencoba yaa.. semoga bermanfaat.




Saturday 4 April 2015

Belajar Hidroponik

Assalamu'alaikum..

Akhirnya apa yang dari dulu saya impikan yaitu berkebun hidroponik perlahan terwujud juga \^o^/. Berbekal ilmu hasil dari blogwalking dan sharing bareng teman di bbm (thank u memeng dan soviyanti) saya memulai berkebun hidroponik. Banyak yang harus disiapkan untuk berkebun hidroponik, diantaranya adalah benih, media semai, netpot, ab mix, bak berbagai ukuran, styrofoam dll. Media semai rockwool, benih, dan abmix saya beli secara online, sedangkan net pot saya membuatnya dari gelas plastik bekas pakai yang dilubangi bagian bawah dan sampingnya dengan menggunakan solder (yay akhirnya saya pegang juga tuh solder, terakhir bermain solder waktu kuliah membuat rangkaian frekuensi :D). 

Membuat net pot

Untuk penyemaian benih saya menggunakan media semai rockwool dan kain flanel, dibantu sama Akmal yang mulai ketularan senang bercocok tanam :D. Ada berbagai macam benih yang saya tanam yaitu, pakchoy, selada, seledri dan parsley.

Menyemai benih ^_^

Karena saya agak kesusahan memotong styrofoam yg ukurannya tebal banget ternyata ( hihi lebay) akhirnya minta tolong sama teman2 dikantor. Thank u so much, ined, edi dan kaik sudah mau bantuin saya motongin styrofoam ^_^v
Ngerepotin mas2 ganteng dulu :P

anak sholeh juga ikut bantuin :D

Sebenarnya dari sekian banyak benih yang saya semai, bnyak yang ga tumbuh :'( mungkin benih yang saya tanam jelek dan kadaluarsa. Tetapi tetap semangat untuk menyemai lagi, benih selada yang sudah berdaun 4 sudah mulai saya pindah ke dalam netpot dan bak yng berisi air nutrisi, semoga tumbuh dengan subur yaa, sayur2 kesayangan.

Akmal sedang memasang sumbu flanel dan menyusun net pot

Baiklah sampai disini dulu yaa, ditunggu update perkembangan sayuran hidroponik berikutnya, semoga tumbuh dengan subur.





Wednesday 1 April 2015

Red Velvet Cake (RVC)

Assalamu'alaikum..

Hai ... hai.. akhirnya bisa posting lagi, kali ini saya mau bercerita soal Red Velvet Cake (RVC) pertama saya. RVC adalah kue favorit saya pokoke yang berbau RVC saya suka banget, tapi jujur saya juga paling takut bikin RVC sendiri (selama ini saya selalu beli hahah) takut gagal aja, dan takut ribet hihi padahal belum coba. Menyerah sebelum berperang deh!! Hari ini tanggal 1 April 2015 adalah hari ulang tahun suami tercinta, jadi saya nekat bikin RVC dengan bahan seadanya, kebetulan juga ada sisa creamcheese di kulkas. Saya pakai resep Joy of Baking, yang sudah saya sesuaikan dengan bahan2 yg ada dirumah. Resep asli bisa dilihat di sini. Dan ternyata cara membuatnya tidak serumit yg saya bayangkan.

Red Velvet Cake

Maaf yaaa fotonya asal jepret karena selama pembuatan ga sempat foto, bikinnya sembunyi2 pas suami berangkat kerja. Jadi itu foto saat sudah dipotong oleh suami tercintah hehehe.

Bahan cake :
250 gr tepung terigu protein sedang (saya pake 230 gr prot sedang karena saya ingin menambah coklat bubuk)
15 gr coklat bubuk (saya pakai 35 gr coklat bubuk)
1 sdt garam (saya ga pake karena sudah pake mentega)
113 gr unsalted butter ( saya pake mentega blueband karena dirumah tak ada unsalted butter)
300 gr gula halus
2 buah telur ukuran besar
240 ml buttermilk ( 240 ml susu uht plain dicampur dgn 2 sdm air jeruk nipis lalu diamkan selama 15 menit)
2 sdm pewarna makanan merah tua (campur dgn buttermilk yg sdh didiamkan aduk rata)
1 sdt vanila ekstrak ( saya pakai L'arome vanilla susu)
1 sdt baking soda
1 sdt air jeruk nipis

Cara membuat :

Nyalakan oven, Campur jd satu tepung terigu, coklat bubuk dan garam aduk rata dan ayak.
Kocok mentega sampai lembut kira2 3 menit dgn kecepatan rendah, kemudian masukkan gula halus secara bertahap kocok sampai rata, masukkan telur satu persatu bertahap sambil dikocok, masukkan vanila kocok rata, masukkan tepung terigu selang seling dengan buttermilk (tepung- buttermilk- tepung- buttermilk-tepung) kemudian terakhir campur baking soda dan jeruk nipis dalam wadah kecil, aduk cepat lalu masukkan ke adonan aduk rata dgn menggunakan spatula. Tuang kedalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu ( saya pakai 2 loyang ukuran 22 cm). Lalu panggang dalam oven 180 ° C selama kurleb 40- 50 menit. Kemudian dinginkan (setelah dingin masukkan kedalam kulkas agar tidak mudah rapuh ketika dirapikan) saya tidak simpan dikulkas karena waktu mepet hahaha. Setelah dingin olesi dengan cream cheese frosting lalu susun dan olesi frosting lagi sampai tertutup oleh frosting, taburi remahan cake diatasnya.

Potongan terakhir sebelum ludes tak bersisa

Untuk Creamcheese frosting saya menggunakan resep mbak Ricke Indriani, dan disesuaikan dgn bahan yg ada. Berikut resepnya dan resep asli bisa dilihat di sini

Cream Cheese Frosting

Bahan :
250 gr creamcheese biarkan disuhu ruang
100 gr unsalted butter ( saya pake mentega putih karena tidak punya stok unsalted butter)
75 gr gula halus ( mbak ricke ga pakai)
400 ml air es
200 gr whipcream bubuk

Cara membuat

Masukkan whipcream bubuk kdalam air es, dengan menggunakan mikser kec tinggi kocok hingga kaku, sisihkan. Dalam wadah lain kocok mentega dengan gula halus sampai rata dan lembut dengan kec rendah, masukkan cream cheese kocok rata saja jgn terlalu lama mengocok. Kemudian masukkan kedalam whipcream kocok sampai tercampur rata.

Selamat ulang tahun Pak Luki 😘


Baiklah sampai disini dulu ya sharingnya, mohon maaf kalau mungkin bahasanya agak ribet hehe. Semoga bermanfaat yaa!