Saturday 31 January 2015

Kota Bangun part 2 (Belanja ke pasar tambak sari)


Assalamualaikum...
Hai.. hai... hari ini saya jalan2 ke pasar berempat bareng kiddos naik motor, mau belanja ikan tongkol dan rebung, karena hari ini suami tercinta akan datang dari dinas luar kota (senyum dalam hati) jadi rencananya hari ini mau bikin menu sayur rebung daging (karena masih ada sisa daging di freezer) dan pepes ikan tongkol. 

Pasar Tambak Sari Kota Bangun Kutaikartanegara
Kebetulan banget ada ikan tongkol dipasar yay.. akhirnya beli sekilo Rp 25.000. Kiddos pun senang ikut emaknya jalan2 kepasar apa yang dilihat dipasar pasti bertanya sayur apa itu? Ikan apa itu?
Mbak yang jualan ikan malu2 waktu saya foto hihi 
Ikan laut yang dijual di pasar tambak sari ini, tidak beragam seperti di Balikpapan, hanya ada 3 jenis ikan yaitu tongkol, layang dan kembung. Jadi kalo mau cumi, udang, ikan bawal, tuna dll siap2 aja gigit jari (lagi trend gigit jari ya sekarang hihi #apasih) kadang ada juga si tapi tidak segar :(

Ibu penjual sayur di pasar

Hihihi niat banget ya fie ke pasar sambil foto2. Waktu melewati warung kue acil pasti heboh haha secara saya kenal baik karena saya menitipkan roti jualan saya disana. Dan ga disangka juga mertua acil orang Handil (saya pernah tinggal lama di Handil Muara Jawa) jadilah makin nyambung kalo ngomong sama acil, karena kebetulan saya kenal dengan nenek (mertua acil dihandil,orang handil 4 memanggil beliau nenek termasuk juga saya) ah dunia memang tak selebar daun kolor eh kelor hihi. Ada daeng juga tadi di warung kue acil, lupa saya nama lengkapnya siapa hehe teman2 di pln sering memanggil dengan sebutan "Daeng" mungkin karena orang Bugis.. ah sebut saja bapak Safana kali ya haha karena anaknya bernama safana, teman tk akmal di sekolah. Dulunya daeng pegawai outsourching di PLN Kota Bangun, resign dan sekarang buka usaha alias enterprenuer, makin nyambung deh ngobrolnya sama mereka. Saya senang bergaul dengan siapa saja, ga perlu jaim2 InsyaAllah semakin banyak teman semakin banyak rejekinya amiin hihihi. Dan hari ini sukses membuat heboh pasar hahaha

Warung kue Acil

Di depan pasar tadi ketemu sama penjual bibit, kebetulan banget ada bibit jeruk purut, akhirnya saya beli untuk ditanam di halaman samping rumah dinas yay..hari ini banyak banget belanjaannya... thank u kakak Ubai udah mau bantu umi bawain bibit jeruk purut, semoga jadi anak yang sholeh. 
Penjual bibit didepan pasar 

Baiklah cukup sampai disini saja cerita jalan2 kepasar bersama kiddos. Saatnya mencuci piring hihihi










Donat aneka bentuk

Assalamu'alaikum..

Donat aneka bentuk

Hai hai... siapa sih yang ga suka donat??? Ya donat adalah camilan favorit mayoritas orang apalagi kiddos, dan donat ini juga adalah kue yg pertama kali saya buat, jadi sebelum bisa bikin kue seperti sekarang ini saya bisanya cuma bikin donat, itupun donatnya ga sesuai harapan alias atos, karena belum paham gimana nguleni adonan, dan takarannya pun pake ilmu kira2 hahaha. Beberapa hari yang lalu saya bikin untuk kiddos, donat aneka bentuk karena bikinnya 1/5 kg hasilnya lumayan banyak bisa jd 40 donat ukuran kecil, kalo besar bisa jadi 25 donat. Donatnya saya kasih toping gula halus dan meises saja, karena praktis, ga ribet dan rasanya enak (hahaha tipe emak2 yang males ribet). 

Donat toping meises
Dijamin cepet banget ludesnya kalo sudah bikin donat, enak dan empuuk. Saya share resepnya ya, sumber dari seorang bulik yang super dan adikku rifa chan yang cantik seperti bintang korea hihi eonni katanya hahaha.

Bahan :
1/2 kg tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
100 gr mentega (saya pake blueband)
100 gr gula pasir
2 kuning telur
2 sdm ragi instan (saya pake merk saf instan)
Air 250 ml
Meises atau gula halus untuk toping (sesuai selera ya topingnya)

Cara membuat :
Campurkan semua bahan uleni hingga kalis, lalu diamkan hingga memgembang 2x lipat, kempiskan adonan gilas, lalu cetak dengan menggunakan cetakan donat aneka bentuk. Diamkan lagi hingga mengembang kira2 15 menit, lalu goreng sampai matang. Dinginkan lalu beri topingsesuai selera.

Step by step donat aneka bentuk

Tips 

  • Agar adonan cepat kalis, campur air, gula, kuning telur, ragi dan mentega lalu aduk hingga gula larut, setelah itu masukkkan tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis, tidak perlu dibanting. 
  • Alasi adonan yg sdh dicetak dengan menggunakan kertas roti atau plastik agar bentuk tidak berubah saat bersentuhan dengan tangan saat digoreng.
  • Pada saat menggoreng tunggu sampai bagian bawah kecoklatan baru kemudian dibalik, jd tidak perlu dibolak balik agar nanti tidak banyak menyerap minyak. 

Baiklah cukup sampai disini share ilmunya, semoga bermanfaat!

Untuk cetakan adonan aneka bentuk bisa dibeli di sini

Seneng banget deh kemarin dapat bbm dr seorang teman yang udah nyoba resep ini dan berhasil thank u bu dokter Aprilia Kusuma Dewi (hihi lengkap amat)

Donat bikinan April 








   

Kota Bangun Part 1 ( Sebuah pengalaman baru )


Assalamu'aikum
Ga terasa udah hampir 6 bulan saya menjalani kehidupan baru di Kota Bangun. Alhamdulillah masih betah hihi tapi berharap ga lama si disini. Kota bangun adalah salah satu kecamatan yang ada di Kutaikartanegara, Kalimantan Timur. Kok bisa nyasar kesini? Ini adalah konsekuensi saya yang harus saya jalani bersama suami tercinta yang selalu pindah tugas. Sebelumnya suami  pernah ditugaskan di Balikpapan, Handil Muara Jawa, Samboja, Balikpapan dan akhirnya sampai di Kota Bangun. Hahaha kebanyang dong betapa repot dan stressnya kalo udah pindahan gitu.... Kembali ke Kota Bangun.. kesan pertama saat saya baru datang ke kota bangun adalah SEPI, kemana2 mentoknya sungai mahakam, alias ga ada hiburan hihi warung makan pun ga beragam jd kalo pengen sesuatu yang ga ada disini mesti bikin sendiri. Hiks jd kangen lontong balap, rujak cingur, bebek slamet, kepiting saos, seafood I miss U. Banyak pengalaman baru disini, beberapa diantaranya adalah saya jadi tahu kalo ikan lais itu enak (terimakasih mami neng kusnarko di jogja yang udah infoin fie soal ikan lais), jadi tahu rasanya kalo lewat jalanan kayu itu berisik dan seru banget. Semua bangunan di kota bangun mayoritas terbuat dari kayu, kayu ulin yang terkenal kuat dan kokoh. Bagaimana dengan orang2 di kota bangun? mereka semuanya ramah dan baik, bahasa sehari hari yang digunakan disini adalah bahasa kutai, bahasa yang belum saya pahami hingga saat ini, jd kalo kumpul sama mereka harus pake translator hahahaha (yaelaah bahasa banjar aja belum tamat ini ada lagi bahasa kutai #tepokjidattetangga).


Kantor PLN Rayon Kota Bangun Kutaikartanegara

Halaman depan kantor

Musholla kantor

Halaman belakang kantor sedang dibangun GI (Gardu Induk)






Friday 30 January 2015

Diet oh diet (Ganbarimasu!!)

Assalamu'alaikum hari jumat identik dengan olah raga, ada yang tau ga kenapa?? Saya baru aja selesai Circuit Training keringat masih bercucuran :D salah satu usaha saya supaya langsing tapi masih juga belum langsing2 hahaha. Yang belum tahu apa itu Circuit Training bisa di lihat di sini . Kelihatannya gampang si ya, tapi bagi yang ga biasa bisa2 gemeteran, keringat bercucuran dan besoknya berakhir dengan badan yang pegal2 haha. Jujur aja sudah banyak yang saya lakukan supaya tubuh menjadi ideal, salah satunya adalah diet mayo hihi lagi trend diet mayo dan ngeliat teman ada yang berhasil ( Halo Soviyanti thank u udah mau sharing soal diet mayo, jd banyak ilmu yang saya dapatkan #peluk) akhirnya tertarik untuk mencoba, udah niat banget beli bahan2 untuk diet ini, mulai dari daging, selada, unsalted butter dll secara saya tinggal di salah satu kecamatan terpencil di Kutaikartanega yaitu Kota Bangun dimana mau cari daging sapi segar susahnya minta ampun, jadi terpaksa impor dari samarinda (ciee impor haha).

Salah satu menu diet mayo saya 

Diet mayo selama 5 hari bb turun 2 kg yg awalnya 55 kg jadi 53 kg tapiiii adaaa aja ya godaannya pas diundang temen makan2 dirumahnya ga bs nolak kan? Sedih sih karena harus mengulang lagi dari awal kalo sudah curang begitu (sampe sekarang belum memulai lg dr awal, tp saya hanya mengurangi konsumsi karbo). Belum lagi weekend jadwalnya jalan2 ke Tenggarong dan Samarinda makin menjadi deh wisata kulinernya hihihi dan alhasil berat badan bertambah lagi haha. Untuk panduan diet mayo bisa dilihat di sini . Jadi kesimpulannya mau diet apa aja asalkan sehat bisa berhasil apabila kita konsisten. Ayo Fie semangat untuk konsisten .. Ganbarimasu!!!!!

Thursday 29 January 2015

Hajimemashite

Assalamualaikum...
Sebenarnya saya paling malas menulis,tapi pengen banget nulis. Ini adalah blog ke 3 saya, dimana 2 blog yang lain nganggur ga tau mesti diisi apa? dan sepertinya sudah saya hapus. Baiklah hari ini adalah awal saya menulis di blog, sebelumnya suka blogwalking gitu, suka banget sama blog yang isinya resep, tanaman dan tutorial yang unik, dan akhirnya jd inspirasi baru. Saya hanya ibu rumah tangga biasa, yang ga sempurna hanya belajar dan berusaha yang terbaik, suka masak, bikin kue, berkebun herbs dan hampir 2 bulan ini jadi bakul roti :) . Salam kenal semuanyaa... hajimemashite .. panggil saya Fie