Wednesday 18 March 2015

Homebake Cinnamon Roll

Assalamu'alaikum...

Cinnamon Roll adalah roti manis yang biasa disajikan di Eropa Utara dan Amerika Utara. Biasanya disajikan untuk sarapan dengan cream cheese glaze. Kali ini saya buat tidak memakai glaze. Tapi rasanya tetap enaak, aroma kayu manisnya bikin ngiler hihihi. Sebenarnya sudah lama saya tidak membuat cinnamon roll, dulu saat masih di balikpapan, lumayan sering membuat roti ini. Roti ini adalah request kiddos, tetapi sayang karena bikinnya kemalaman kiddos malah tepar duluan hihi. Baiklah mari kita membuat cinnamon roll dirumah, mudah banget lo! 

Homebake Cinnamon Roll, so fluffy, so yummy 

Bahan :

500 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr gula pasir
2 kuning telur
250 ml air
100 gr mentega
2 sdm ragi instan
Susu cair secukupnya untuk olesan

Bahan isian :
25 gr mentega
100 gr brown sugar (gula semut)
50 gr gula pasir
Kayu manis bubuk secukupnya
Campur semua jadi satu (kecuali mentega)
Kalau tidak punya brown sugar bs pakai gula palem

Cara membuat

Campur air, gula, ragi dan mentega, aduk dengan menggunakan tangan hingga gula larut lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis (saya tidak pakai cara manual melainkan menggunakan mikser roti hahaha jdnya tinggal campur semua bahan lalu di mikser hingga kalis). Diamkan sampai adonan roti mengembang 2 kali lipat, lalu kempiskan adonan yang sudah mengembang td. Gilas lalu olesi mentega, taburi campuran gula, dan gulung perlahan. Setelah itu potong gulungan menjadi 12 bagian (atau sesuai selera) dan susun dalam loyang yang sudah diolesi mentega, diamkan sampai mengembang. Setelah mengembang olesi susu cair dipermukaan roti lalu panggang dalam oven sampai matang

Step by step cinnamon roll

Saat saya menggilas adonan, ternyata Akmal masih ingat dengan cinnamon roll, dengan penuh semangat ikut membantu menabur gula di adonan. Saya membuat 1kg adonan dan jdnya banyak banget (2 loyang besar dan 2 loyang kecil). Kebetulan juga malam itu hujan deras, jd saya bagi ke kantor dalam kondisi fresh from the oven. (Kalau malam dikantor biasanya selalu rame). Yay... besok bisa buat bekal kiddos ke sekolah.

Fresh from the oven

Baiklah sampai disini dulu sharing resepnya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment