Monday 13 April 2015

Soes Maker

Assalamu'alaikum..

Haloo .. kemarin saya membuat kue yang menjadi favorit saya sejak kecil, yaitu soes maker. Tetapi soesmaker yang saya buat ini memakai daging ayam, biasanya kalo di kota tempat saya tinggal yaitu situbondo ^_^ memakai isian daging sapi dan wortel. Alhamdulillah kiddos suka banget looo dan saya bagikan juga ke tetangga, agak heran juga awalnya kok mirip cupcake tp pake hiasan cabe n seledri diatasnya hihihi. Ternyata di Kota Bangun tidak ada soesmaker. Hmm ... bisa ni dijual hahaha (dasar pikirannya jualan mulu!!). Baiklah yuk kita membuat sendiri dirumah.

Soes maker ala fie

Saya memakai resep vanila spongcake tp ga pake vanila dan saya kurangi gula pasirnya.

Bahan isian

3 buah wortel ukuran besar potong dadu kecil
100 gr dada ayam cincang halus
1 siung bwang putih
Merica bubuk
2 batang seledri
Gula dan garam secukupnya
Air secukupnya
Tepung terigu 2 sdm 
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat

Haluskan bawang putih lalu tumis bersama daun pre hingg wangi, masukkan ayam cincang aduk rata sampai ayam berubah warna, masukkan wortel beri air sekucupnya, biarkan mendidih dan wortel menjadi empuk, tambahkan merica, gula dan garam, lalu terakhir tepung terigu aduk rata sampai air meresap.

Bahan cake

80 gr tepung terigu
10 gr tepung maizena
10 gr susu bubuk
5 butir telur
70 gr gula pasir
1 sdt emulsifier (boleh sp, tbm, ovalet dll)
100 gr mentega dicairkan
Seledri cincang

Cara membuat

Campur tepung terigu, maizena dan susu bubuk, sisihkan. Mikser dengan kecepatan tinggi telur, gula dan emulsifier hingga mengembang kental dan berjejak, masukkan tepung terigu secara bertahap (masih dgn kecepatan tinggi) sampai tepung habis dan tercampur rata. Turunkan kecepatan ke yang paling rendah, masukkan mentega cair mikser sampe rata. Terakhir masukkan seledri cincang

Penyelesaian

Siapkan papercup, tuang adonan sedikit lalu beri isian dan beri lagi adonan. Begitu seterusnya sampai adonan habis. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan kurleb 30 menit atau sampe matang.

Ymmy yum yum
Selamat mencoba yaa.. semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment