Wednesday 1 April 2015

Red Velvet Cake (RVC)

Assalamu'alaikum..

Hai ... hai.. akhirnya bisa posting lagi, kali ini saya mau bercerita soal Red Velvet Cake (RVC) pertama saya. RVC adalah kue favorit saya pokoke yang berbau RVC saya suka banget, tapi jujur saya juga paling takut bikin RVC sendiri (selama ini saya selalu beli hahah) takut gagal aja, dan takut ribet hihi padahal belum coba. Menyerah sebelum berperang deh!! Hari ini tanggal 1 April 2015 adalah hari ulang tahun suami tercinta, jadi saya nekat bikin RVC dengan bahan seadanya, kebetulan juga ada sisa creamcheese di kulkas. Saya pakai resep Joy of Baking, yang sudah saya sesuaikan dengan bahan2 yg ada dirumah. Resep asli bisa dilihat di sini. Dan ternyata cara membuatnya tidak serumit yg saya bayangkan.

Red Velvet Cake

Maaf yaaa fotonya asal jepret karena selama pembuatan ga sempat foto, bikinnya sembunyi2 pas suami berangkat kerja. Jadi itu foto saat sudah dipotong oleh suami tercintah hehehe.

Bahan cake :
250 gr tepung terigu protein sedang (saya pake 230 gr prot sedang karena saya ingin menambah coklat bubuk)
15 gr coklat bubuk (saya pakai 35 gr coklat bubuk)
1 sdt garam (saya ga pake karena sudah pake mentega)
113 gr unsalted butter ( saya pake mentega blueband karena dirumah tak ada unsalted butter)
300 gr gula halus
2 buah telur ukuran besar
240 ml buttermilk ( 240 ml susu uht plain dicampur dgn 2 sdm air jeruk nipis lalu diamkan selama 15 menit)
2 sdm pewarna makanan merah tua (campur dgn buttermilk yg sdh didiamkan aduk rata)
1 sdt vanila ekstrak ( saya pakai L'arome vanilla susu)
1 sdt baking soda
1 sdt air jeruk nipis

Cara membuat :

Nyalakan oven, Campur jd satu tepung terigu, coklat bubuk dan garam aduk rata dan ayak.
Kocok mentega sampai lembut kira2 3 menit dgn kecepatan rendah, kemudian masukkan gula halus secara bertahap kocok sampai rata, masukkan telur satu persatu bertahap sambil dikocok, masukkan vanila kocok rata, masukkan tepung terigu selang seling dengan buttermilk (tepung- buttermilk- tepung- buttermilk-tepung) kemudian terakhir campur baking soda dan jeruk nipis dalam wadah kecil, aduk cepat lalu masukkan ke adonan aduk rata dgn menggunakan spatula. Tuang kedalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu ( saya pakai 2 loyang ukuran 22 cm). Lalu panggang dalam oven 180 ° C selama kurleb 40- 50 menit. Kemudian dinginkan (setelah dingin masukkan kedalam kulkas agar tidak mudah rapuh ketika dirapikan) saya tidak simpan dikulkas karena waktu mepet hahaha. Setelah dingin olesi dengan cream cheese frosting lalu susun dan olesi frosting lagi sampai tertutup oleh frosting, taburi remahan cake diatasnya.

Potongan terakhir sebelum ludes tak bersisa

Untuk Creamcheese frosting saya menggunakan resep mbak Ricke Indriani, dan disesuaikan dgn bahan yg ada. Berikut resepnya dan resep asli bisa dilihat di sini

Cream Cheese Frosting

Bahan :
250 gr creamcheese biarkan disuhu ruang
100 gr unsalted butter ( saya pake mentega putih karena tidak punya stok unsalted butter)
75 gr gula halus ( mbak ricke ga pakai)
400 ml air es
200 gr whipcream bubuk

Cara membuat

Masukkan whipcream bubuk kdalam air es, dengan menggunakan mikser kec tinggi kocok hingga kaku, sisihkan. Dalam wadah lain kocok mentega dengan gula halus sampai rata dan lembut dengan kec rendah, masukkan cream cheese kocok rata saja jgn terlalu lama mengocok. Kemudian masukkan kedalam whipcream kocok sampai tercampur rata.

Selamat ulang tahun Pak Luki 😘


Baiklah sampai disini dulu ya sharingnya, mohon maaf kalau mungkin bahasanya agak ribet hehe. Semoga bermanfaat yaa! 







No comments:

Post a Comment