Saturday 4 April 2015

Belajar Hidroponik

Assalamu'alaikum..

Akhirnya apa yang dari dulu saya impikan yaitu berkebun hidroponik perlahan terwujud juga \^o^/. Berbekal ilmu hasil dari blogwalking dan sharing bareng teman di bbm (thank u memeng dan soviyanti) saya memulai berkebun hidroponik. Banyak yang harus disiapkan untuk berkebun hidroponik, diantaranya adalah benih, media semai, netpot, ab mix, bak berbagai ukuran, styrofoam dll. Media semai rockwool, benih, dan abmix saya beli secara online, sedangkan net pot saya membuatnya dari gelas plastik bekas pakai yang dilubangi bagian bawah dan sampingnya dengan menggunakan solder (yay akhirnya saya pegang juga tuh solder, terakhir bermain solder waktu kuliah membuat rangkaian frekuensi :D). 

Membuat net pot

Untuk penyemaian benih saya menggunakan media semai rockwool dan kain flanel, dibantu sama Akmal yang mulai ketularan senang bercocok tanam :D. Ada berbagai macam benih yang saya tanam yaitu, pakchoy, selada, seledri dan parsley.

Menyemai benih ^_^

Karena saya agak kesusahan memotong styrofoam yg ukurannya tebal banget ternyata ( hihi lebay) akhirnya minta tolong sama teman2 dikantor. Thank u so much, ined, edi dan kaik sudah mau bantuin saya motongin styrofoam ^_^v
Ngerepotin mas2 ganteng dulu :P

anak sholeh juga ikut bantuin :D

Sebenarnya dari sekian banyak benih yang saya semai, bnyak yang ga tumbuh :'( mungkin benih yang saya tanam jelek dan kadaluarsa. Tetapi tetap semangat untuk menyemai lagi, benih selada yang sudah berdaun 4 sudah mulai saya pindah ke dalam netpot dan bak yng berisi air nutrisi, semoga tumbuh dengan subur yaa, sayur2 kesayangan.

Akmal sedang memasang sumbu flanel dan menyusun net pot

Baiklah sampai disini dulu yaa, ditunggu update perkembangan sayuran hidroponik berikutnya, semoga tumbuh dengan subur.





3 comments:

  1. Hi, Bunda.

    Penasaran nih tunggu cerita perkembangan hidroponiknya. Berhasil kah? karena saya punya lahan tapi kok kalau tanam di tanah dirusak tikus melulu jadi mau coba tanam hidroponik. Btw salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak..

      Maaf baru membalas ya,salam kenal juga, sudah saya update mbak, sejak ikut suami yg pindah2 mulu, blm sempat mau berhidroponik ria lagi. Dicoba yuk mbak, asik lo hasil tanamnya jd bersih dan kita juga ga perlu tiap hari nyiram hihi

      Delete
    2. http://sonodanarumi.blogspot.co.id/2015/05/update-hidroponik-bagian-1.html?m=1

      Delete