Saturday 31 January 2015

Donat aneka bentuk

Assalamu'alaikum..

Donat aneka bentuk

Hai hai... siapa sih yang ga suka donat??? Ya donat adalah camilan favorit mayoritas orang apalagi kiddos, dan donat ini juga adalah kue yg pertama kali saya buat, jadi sebelum bisa bikin kue seperti sekarang ini saya bisanya cuma bikin donat, itupun donatnya ga sesuai harapan alias atos, karena belum paham gimana nguleni adonan, dan takarannya pun pake ilmu kira2 hahaha. Beberapa hari yang lalu saya bikin untuk kiddos, donat aneka bentuk karena bikinnya 1/5 kg hasilnya lumayan banyak bisa jd 40 donat ukuran kecil, kalo besar bisa jadi 25 donat. Donatnya saya kasih toping gula halus dan meises saja, karena praktis, ga ribet dan rasanya enak (hahaha tipe emak2 yang males ribet). 

Donat toping meises
Dijamin cepet banget ludesnya kalo sudah bikin donat, enak dan empuuk. Saya share resepnya ya, sumber dari seorang bulik yang super dan adikku rifa chan yang cantik seperti bintang korea hihi eonni katanya hahaha.

Bahan :
1/2 kg tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
100 gr mentega (saya pake blueband)
100 gr gula pasir
2 kuning telur
2 sdm ragi instan (saya pake merk saf instan)
Air 250 ml
Meises atau gula halus untuk toping (sesuai selera ya topingnya)

Cara membuat :
Campurkan semua bahan uleni hingga kalis, lalu diamkan hingga memgembang 2x lipat, kempiskan adonan gilas, lalu cetak dengan menggunakan cetakan donat aneka bentuk. Diamkan lagi hingga mengembang kira2 15 menit, lalu goreng sampai matang. Dinginkan lalu beri topingsesuai selera.

Step by step donat aneka bentuk

Tips 

  • Agar adonan cepat kalis, campur air, gula, kuning telur, ragi dan mentega lalu aduk hingga gula larut, setelah itu masukkkan tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis, tidak perlu dibanting. 
  • Alasi adonan yg sdh dicetak dengan menggunakan kertas roti atau plastik agar bentuk tidak berubah saat bersentuhan dengan tangan saat digoreng.
  • Pada saat menggoreng tunggu sampai bagian bawah kecoklatan baru kemudian dibalik, jd tidak perlu dibolak balik agar nanti tidak banyak menyerap minyak. 

Baiklah cukup sampai disini share ilmunya, semoga bermanfaat!

Untuk cetakan adonan aneka bentuk bisa dibeli di sini

Seneng banget deh kemarin dapat bbm dr seorang teman yang udah nyoba resep ini dan berhasil thank u bu dokter Aprilia Kusuma Dewi (hihi lengkap amat)

Donat bikinan April 








   

No comments:

Post a Comment