Tuesday 26 May 2015

Homebake Roti Boy (Mexican Coffee Bun)

Assalamu'alaikum...

Haii ketemu lagii ni.. seperti biasa edisi malas nulis dan masih terserang hydroponic syndrom hahaha. Sebenarnya sudah lama saya ingin posting soal roti boy ini. Berhubung lg tergila2 berkebun dan heboh sama kiddos jd nulisnya kepending. Roti boy adalah roti kesukaan kiddos, rasanya manis, gurih dan beraroma kopi hmmm ... dimakan hangat2 jaann maknyuss tenan :D. Baiklah kita mulai yuk!

Roti boy ala fie

Bahan roti manis :

500 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr gula pasir
2 kuning telur
250 ml air
100 gr mentega
2 sdm ragi instan
Mentega secukupnya untuk isian (masukkan ke dalam plastik segitiga)

Cara membuat

Campur air, gula, ragi dan mentega, aduk dengan menggunakan tangan hingga gula larut lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis (saya tidak pakai cara manual melainkan menggunakan mikser roti hahaha jdnya tinggal campur semua bahan lalu di mikser hingga kalis). Diamkan sampai adonan roti mengembang 2 kali lipat, lalu kempiskan adonan yang sudah mengembang td. Bagi adonan masing2 50 gr, kemudian pipihkan lalu isi dengan mentega bentuk bulat lagi, lalu taruh di loyang yang sudah diolesi mentega. Diamkan hingga adonan mengembang 2 kali lipat.

Bahan toping kopi :

50 gr mentega
50 gr gula halus
2 sdm kopi instan
1 butir telur
60 gr tepung protein sedang
1 sdt essence kopi

Step by step toping kopi


Cara membuat

Campur mentega, gula halus dan kopi instan, kocok sampe lembut, boleh menggunakan mikser ( saya pake sendok makan heheh), masukkan telur kocok lagi sampai rata, masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata dan tidak menggumpal, terakhir masukkan essence kopi aduk rata. Masukkan ke dalam plastik segitiga.

Cara memasang toping kopi, melingkar spt obat nyamuk

Penyelesaian :

Semprotkan toping dibagian atas roti yang sudah mengembang, menyerupai obat nyamuk, lalu panggang dalam oven 200° C kurleb 30 menit



Baiklah sampai disini dulu yaa, selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)




No comments:

Post a Comment