Tuesday 12 September 2017

Be Hives Bun aka Roti Sarang Lebah

Assalamu'alaikum...

Akhirnya update blog lagi setelah setahun lebih kali ya :D. Sebenarnya masih banyak yg belum saya posting di blog ini diantaranya adalah melon pan, roti unyil, roti isi sambal roa dll. Kali ini saya mau membahas tentang roti sarang lebah, dan ini adalah roti sarang lebah kesekian kalinya yang pernah saya buat, hanya saja ini versi cup :D. Resepnya seperti biasa ya pakai resep roti andalan :D. Resep rotinya bisa dilihat disini ya!

Roti sarang lebah

Bahan toping

Biji labu
Biji bunga matahari
Biji wijen hitam dan putih
Keju parut

Kuning telur untuk olesan

Bahan saus caramel

4 sdm dulce de leche (kebetulan punya stoknya di kulkas)
50 ml air
1 sdm mentega
Sejumput garam (masukkan semua dalam panci saus lalu panaskan dengan api kecil sambil diaduk ratadan timbul gelembung kecil matikan api)

Berikut video step by step membuat dulce de leche 



Hal yg perlu diperhatikan dalam membuat dulce de leche ini adalah air harus melebihi kaleng ya, jangan sampai kurang dr ukuran kaleng. Jd mesti dilihat2 kalo air sdh dibatas permukaan kaleng, tambah lagi airnya hingga melebihi kaleng kudu sabar karena masaknya 2- 3 jam :D

Nah kembali ke adonan roti, setelah adonan td mengembang kempiskan adonan dan timbang masing2 50 gr lalu dibentuk bulat dan letakkan di paper cup atau alumunium cup. Bisa juga kita susun diloyang yg sudah diolesi margarin, seperti kita menyusun roti sobek. Diamkan hingga mengembang 2x lipat, setelah mengembang olesi dengan kuning telur lalu taburi toping. Panggang hingga kuning kecoklatan, kemudiam siram dengan saus caramel.

Baiklah cukup sampai disini dulu ya, have a nice day guys! 


No comments:

Post a Comment