Friday 6 March 2015

Roti Kasur (Roti sobek)

Assalamu'alaikum..

Malam2 bikin roti, sebenarnya dari sore si, berhubung kalo bikin roti itu mesti proofing 2 kali jadinya lama. Roti kasur ini juga mengingatkan saya akan masa kecil, mbah saya lumayan sering bikin roti kasur isi selai nanas hmmm.. masih terbayang rasanya. Malam ini saya membuat 2 loyang roti kasur, yang satu isi pisang yang satu lagi isi pisang meises. Bikin sendiri roti dirumah yuk!!

Roti kasur

Bahan :

500 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr gula pasir
2 kuning telur
250 ml air
100 gr mentega
2 sdm ragi instan
Susu cair secukupnya untuk olesan
Pisang untuk isian (optional, bisa pake meisis, selai nanas, atau tidak pakai isian juga oke, saya pakai pisang karena ada sisa pisang raja)

Cara membuat

Campur air, gula, ragi dan mentega, aduk dengan menggunakan tangan hingga gula larut lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis (saya tidak pakai cara manual melainkan menggunakan mikser roti hahaha jdnya tinggal campur semua bahan lalu di mikser hingga kalis). Diamkan sampai adonan roti mengembang 2 kali lipat, lalu kempiskan adonan yang sudah mengembang td. Lalu bagi adonan dengan berat masing2 50 gr. Isi adonan dengan isian lalu ditata di loyang yang sudah diolesi mentega. Tutup dengan plastik wrap diamkan hingga mengembang, lalu buka plastiknya olesi permukaan roti dengan susu cair lalu panggang dalam oven selama kurleb 30 - 40 menit atau sampai matang (tergantung oven masing2). Setelah keluar dari oven olesi bagian permukaan dengan mentega, dan roti siap untuk disajikan.


Karena saya bikin 2 loyang (satu loyang besar dan satu loyang loaf) jadi sebagian saya kirim ke kantor. Akmal adalah penggemar roti, biar kata roti panas2 pun dia ga bakal gentar hihi (abis main lukis2 kumis, langsung ngemplok roti). Baiklah sampai disini dulu yaaa cerita soal roti kasurnya.. 



2 comments:

  1. Assalamu'alaikum bu.. salam kenal. sy dapet blog ny ibu dr bu weni pln koba. Mo tanya nih bu.. kalau pake cara mix adonan nya pake manual bisa jd ngembang bagus gt enggak ya ?hehe *soalnya g punya mixer roti* ☺trim's

    ReplyDelete
  2. Hai mbak, maaf baru balas hehe diuleni pake tangan bisa mbak, disitu sdh saya bagi tipsnya bahan cair dulu lalu masukkan tepung secara bertahap sambil diuleni, dgn cara ini memudahkan kita untuk menguleni hingga kalis ga perlu dibanting2 ya mbak, lalu diamkan sampe mengembang 2x lipat. Selamat mencoba

    ReplyDelete