Friday 27 February 2015

Buras ala Kutai

Assalamu'alaikum

Haiii.... nulis lagi deh padahal tadi pagi udah nulis heheh. Pas banget tadi abis jemputin Akmal di skul, dipanggil sama ibu Maing (tetangga depan rumah) mau makan2 katanya. Yay....kalo udah diajak makan2 begitu ga bakal nolak deh saya. Jadi langsung deh belok ke tetangga depan, alias ga pulang hahaha, disuguhin makan siang Soto Kutai. Alhamdulillah rasanya enak, mirip dengn Soto Banjar, bedanya adalah soto Kutai tidak pakai ampal (perkedel singkong). Seru banget kumpul2 walaupun saya tidak mengerti bahasa Kutai (pasang senyum hihi), ibu2 aka bubuhan ladies sedang memasak Buras. Ternyata buras tidak hanya ada di Sulawesi saja, di Kutai juga ada lo!

Buras ala Kutai

Buras ala Kutai ini berbeda sekali dengan Buras ala Sulawesi. Buras ala Kutai dimasak dengan menggunakan bumbu lengkap dengan rempah kari dan dicampur dengan ikan gabus rebus yang sudah dihaluskan (ikan haruan). Hmmm aromanya wangi bangeet, penyajiannya juga berbeda dengan Buras Sulawesi, kalo buras Kutai disajikan dengan lontong, soun dan ditaburi bawang goreng. Kalau Buras Sulawesi terbuat dari beras yang dicampur dengan santan dibungkus daun pisang lalu direbus dan disajikan dengan ikan tongkol bumbu merah, atau bumbu kacang atau dengan ayam lengkuas.

spoiler for Buras khas Bugis (sumber : bloggerbugis)


Behind the sceene Buras dengan bubuhan ladies 

Terimakasih banyak ibu2 bubuhan ladies khususnya ibu Maing, sudah mengundang saya untuk kumpul2. Saya jadi banyak mengetahui apa itu bumbu tanah, soto Kutai, buras Kutai dan asam putaran yay!!!! (Ibu Zubir terimakasih banyaak udah mau nganterin burasnya kerumah).








No comments:

Post a Comment